Friday, December 9, 2011

Modif Kaisar Ruby, 2010

Modif Kaisar Ruby, 2010 (Tangerang)

Kaisar Ruby, Tunggangan The Terminator


Ingat film Terminator 2 yang dibintangi Arnold Schwarzenegger? Di situ sang robot masa depan harus melindungi seorang anak dari ancaman pembunuhan robot saingannya. Bagi bikers, jalan ceritanya mungkin enggak begitu menarik. Tapi, tunggangannya itu yang bikin kesemsem. Varian baru saat itu, H-D Fatboy! 

 Walau masih  bergaya bagger dan sangat full dressed,  bentuk Fatboy bikin kita kagum. Ban gendut depan-belakang mengingatkan pada era bobber. Yap, bisa dibilang bobber modern. “Mungkin itulah yang diinginkan Bro Irfan untuk motornya ini,” buka Moch. Rifai alias Pe’I, builder dari Pei Custom, di Kunciran, Tangerang.

Lewat dana full Rp 15 juta, Pei dapat kepercayaan merombak Kaisar Ruby milik Irfan. Namun di sini Pei harus berhati-hati. Dimensi motor  250  cc ini  jauh lebih kecil dari H-D Fatboy. Mengejar bentuknya harus menyesuaikan dimensi agar mesin enggak tertelan alias kedodoran.

”Dimensi mesin enggak masalah kok, tinggal disesuaikan saja. Bahan Kaisar Rubby sudah pas untuk motor cruiser cc kecil. Pijakan kaki paddle pad, tangki besar lengkap dengan spidometer, ukuran T atas-bawah lebar dan wheelbase mumpuni. Apalagi mesinnya V-twin,” jelas Pei lagi.

Mengejar bentukan Fatboy, tim mereka perlu melakukan beberapa ubahan. Struktur sasis  gak diganggu gugat. ”Semua asli Ruby,” jelasnya. Di bagian depan, sok asli Ruby enggak boleh dibiarkan telanjang. Khasnya Fatboy, sok depan itu lebih besar, makanya Pei Custom membuat pelat untuk menutupi sok sekaligus buat dudukan lampu depan yang relatif besar dari stok motor gede.

Setang bullhorned tentunya juga jadi keharusan. Makanya ia sengaja memilih setang stock H-D untuk keperluan ini.

Lanjut ke belakang, tangki asli tetap dibiarkan. Untuk mengisi otot ala Fatboy, ia pasang engine guard kiri-kanan dan merancang desain knalpot hand made yang menyerupai desain motor yang diidamkan Irfan.  Tentu enggak sampai di situ, aksi hand made mereka berlanjut lewat desain  sepatbor depan-belakang.  Seperti chopper dan detail bagai painting ala lidah api dilakoni.

“Handlingnya  enak Bro, walau  bodi ala Fatboy, riding sangat ringan. Enak untuk daily riding di kota ataupun turing,” jelas Pei lagi. Sip dah!  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Pelek depan : 3,5x16
Pelek belakang: 5,0x16
Ban depan: Avon 120/80-16
Ban belakang : Avon 160/90-16
Lampu: Stock H-D & V-ixion

No comments:

Post a Comment